Posted on

Cara Mengobati Kencing Batu

cara mengobati kencing batu

Mengenal Penyebab & Faktor Kencing Batu Serta Cara Mengobati Kencing Batu

Kencing batu merupakan nama lain dari batu ginjal. Batu ginjal sendiri merupakan endapan yang mengeras dan lama-lama akan berbentuk seperti kerikil atau batu, makanya disebut sebagai batu ginjal. Batu ginjal sendiri terbentuk dari zat yang berasal dari kencing yang terbentuk di ginjal dan 85% batu ginjal yang ditemukan terbentuk dari kalsium. Karena kandungan dalam air kencing sendiri seperti kalsium, asam urat dan sistin yang telalu banyak bisa membentuk batu ginjal.

Bagaimana cara mengobati kencing batu? Ada banyak sekali cara mengobati kencing batu ginjal. Tapi sebelum masuk ke pembahasan pengobatan batu ginjal, mari mengenal lebih jauh lagi terkait kencing batu atau batu ginjal.

Mengenal Batu Ginjal / Kencing Batu

Proses terbentuknya batu ginjal disebut sebagai nephrolithiasis. Besar kecilnya batu ginjal tergantung dari masing-masing orang. Ada yang sangat kecil hingga tidak terasa sakit, namun ada juga yang sangat besar bisa seukuran batu di jalan. Ukuran batu ginjal yang besar tersebut disebut sebagai staghorn. Biasanya penyakit ini menyerang orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas.

Cara mengobati kencing batu juga ada banyak, seperti cara mengobati kencing batu tanpa operasi. Namun sebelumnya anda harus memperhatikan faktor penyebabnya karena ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan timbulnya batu ginjal seperti berikut ini.

  • Faktor keturunan, jika ada keluarga yang pernah mengidap batu ginjal, maka kemungkinan besar keturunannya juga akan memiliki penyakit batu ginjal.
  • Kurang minum air putih / dehidrasi, penyebab terbesar terbentuknya batu ginjal adalah karena kurangya konsumsi air putih. Setidaknya dalam sehari minum air putih sebanyak 2 liter. Tidak heran apabila penderita batu gijal kebanyakan orang-orang diatas umur 40 tahun, karena biasanya terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan lupa untuk minum. Karena itulah bagi anda yang sudah terlanjur mengalami kencing batu, anda harus tahu cara mengobati kencing batu agar tidak menjadi semakin parah.
  • Bentuk kandung kemih, beberapa orang yang memiliki kandung kemih berbeda atau kandung kemih yang abnormal biasanya mengidap penyakit batu ginjal. Karena perubahan bentuk kandung kemih, kalsium yang berada di dalam air kencing tidak bisa ikut keluar dan akhirnya mengendap.
  • Jenis Kelamin, ternyata jenis kelamin juga menjadi salah satu faktor terbentuknya batu ginjal. Pria lebih banyak mengidap batu ginjal bila dibandingkan dengan wanita. Dari penelitian dikatakan bahwa perbandingan tingkat resiko terkena batu ginjal pria bila dibandingkan dengan wanita adalah 3:1. Oleh sebab itu jika anda adalah seorang pria, sebaiknya akan lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Walaupun tingkat resikonya berbeda, namun cara mengobati kencing batu pada pria dan wanita tidaklah berbeda.

Informasi selanjutnya yang harus anda ketahui sebelum menuju topik utama cara mengobati kencing batu adalah mengetahui gejala-gejala yang timbul ketika terbentuk batu ginjal. Gejala-gejala yang dirasakan ini harus diperhatikan dengan baik untuk mencegah penyakit batu ginjal menjadi semakin parah. Berikut adalah gejala yang akan timbul.

  1. Pinggang nyeri
    Pinggang yang terasa nyeri adalah salah satu gejala penting yang harus diwaspadai. Namun tak jarang punggung terasa nyeri juga. Karena nyeri yang dirasakan bisa berada di lokasi yang berbeda tergantung dari lokasi batu ginjalnya. Apabila batu ginjal terletak di bagian pinggang belakang, maka yang terasa nyeri adalah punggung.
  2. Anyang-anyangan
    Menurut orang-orang yang mengalami penyakit batu ginjal, salah satu gejala awalnya adalah anyang-anyangan. Maksud dari anyang-anyangan adalah rasa ingin buang air kecil namun ketika sudah di kamar mandi, air kencing tidak dapat keluar. Padahal rasanya ingin sekali buang air kecil tapi entah kenapa tidak bisa.
  3. Warna air kencing berubah
    Warna air kencing yang normal adalah berwarna kuning pucat hingga bening alias tidak berwarna. Warna air kencing yang normal menandakan bahwa anda telah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Ketika air kencing berubah warna menjadi agak merah anda harus waspada. Karena apabila dehidrasi biasanya warna air kencing paling parah hanyalah berwarna kuning gelap.
  4. Ketika sedang kencing rasanya sakit
    Ketika buang air kecil anda merasa sakit, maka anda perlu mempertanyakan kondisi tubuh anda. Walaupun rasa sakitnya hanya sebentar, anda tetap tidak boleh meremehkannya. Gejala yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan gejala infeksi saluran kencing, namun sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.
  5. Kencing disertai darah
    Apabila muncul darah ketika buang air kecil, itu adalah bukti nyata bila anda terkena penyakit batu ginjal. Karena batu ginjal dapat mengiritasi saluran untuk berkemih dan menyebabkan timbulnya darah.

Pengobatan Dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara mengobati kencing batu ada banyak sekali, termasuk cara mengobati kencing batu secara alami. Namun pertama-tama akan dibahas bagaimana cara mencegah penyakit batu ginjal / kencing batu. Karena tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut adalah cara mencegah batu ginjal.

  1. Banyak minum air putih, ini adalah cara yang paling mudah dan murah. Karena air putih mampu membantu mempercepat pengosongan kandung kemih. Jadi kandungan-kandungan yang ada dalam air kencing tidak sempat mengendap dan membentuk batu ginjal.
  2. Hindari konsumsi garam berlebih, garam memang pada akhirnya akan disaring oleh ginjal dan dibuang bersama air kencing. Namun apabila terlalu banyak konsumsi garam, pasti ada garam halus yang tidak tersaring dan akan mengendap di kandung kemih sehingga terbentuk batu ginjal.
  3. Sering buang air kecil, usahakan untuk tidak memiliki kebiasaan menahan buang air kecil. Karena jika terlalu lama menahannya, kandungan yang ada di dalam air kecil dapat mengendap perlahan-lahan hingga akhirnya terbentuk batu ginjal.

Cara mengobati kencing batu dengan cepat adalah dengan melakukan prosedur penghancuran batu ginjal yang disebut dengan cystolitholapaxy. Caranya adalah dengan memasukkan sebuah tabung kecil yang sudah terpasang kamera ke dalam kandung kemih dengan melalui uretra. Gambar yang tertangkap oleh tabung tersebut akan menjadi panduan dokter untuk menghancurkan batu ginjal menggunakan laser. Nantinya batu ginjal dihancurkan menjadi batu yang berukuran kecil-kecil dan akan didorong dengan menggunakan sebuah alat keluar dari kandung kemih. Cara mengobati kencing batu lainnya dengan cepat adalah dengan operasi untuk mengambil batu ginjal. Bisanya prosedur ini digunakan untuk batu ginjal yang berukuran besar.

Salah satu cara mengobati kencing batu secara alami adalah dengan mengkonsumsi jus beri. Segala jenis buah-buahan beri seperti cranberry, strawberry dan juga rasberry. Buah-buahan ini dapat membantu untuk mengeluarkan kandungan dalam air kencing yang bisa menyebabkan batu ginjal, yaitu oksalat dan juga sitrat. Selain itu jus beri juga bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan kandungan fosfat dalam tubuh.Jadi jus beri sangat baik untuk anda yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit batu ginjal.

Obat Herbal Penghancur Batu Ginjal / Batu Empedu
Obat Herbal Kencing Batu

Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi 0823-2868-6828 ( Tlep / SMS / WhatsApp )

Bagi Anda yang sudah mencoba cara diatas namun belum juga mendapati hasil, mungkin obat herbal kencing batu bisa menjadi ikhtiar yang perlu Anda coba. Selengkapnya silahkan klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *